Selasa, 07 November 2023

Waspada, Bahaya Aplikasi Malware Berkedok file .Pdf Baru 2024

Selamat beristirahat teman-teman Netizen budiman, baru-baru ini saya dapati informasi terbaru tentang waspada bahaya aplikasi berkedok malware berbentuk File.Pdf yang sudah di sebarkan di beberapa jejaring internet.

Sebelumnya kita mengetahui ada informasi yang berkedok file yang memiliki ektensi .apk pada masanya, namun beberapa waktu ini muncul kembali file palsu berbentuk ektensi file .Pdf di internet.

Seperti di kutip di laman website bca.co.id dengan judul release berita adalah “Waspada Modus Penipuan File PDF Palsu” gencar di mediasi kembali oleh pihak liputan6.com yang sudah tayang dimasing-masing laman website kedua tersebut.

Menurut saya sendiri, file .Pdf memang bisa di susupi beberapa meta data exploit oleh orang yang mumpuni dan handal di bidang h4ck, saya sendiri belum pernah mendapati hal serupa yang di alami oleh pihak BCA, akan tetapi kita perlu was-was namun tetap profesional untuk di masa yang akan datang.

Saya akan memberikan informasi terkait hal semacam apa yang disebut malware/virus berkedok .Pdf dan apa tips terhindar dari serangan seperti itu ?

Baik, seperti dikutip di laman bca.co.id memberikan informasi terkait apk .Pdf trend ini

  1. File APK berkedok PDF palsu, nggak memiliki tampilan dokumen, sedangkan yang asli terlihat dari tampilan dokumen yang dikirimkan.
    Waspada, Bahaya Aplikasi Malware Berkedok file .Pdf Baru 2024
    Waspada, Bahaya Aplikasi Malware Berkedok file .Pdf Baru 2024
  2. Logo file pdf seharusnya memiliki logo berwarna putih, bertuliskan pdf font merah.
    Waspada, Bahaya Aplikasi Malware Berkedok file .Pdf Baru 2024
    Waspada, Bahaya Aplikasi Malware Berkedok file .Pdf Baru 2024
  3. File palsu nggak memiliki detail dokumen seperti jumlah halaman, jenis file dan biasanya berukuran besar, sedangkan file PDF asli memiliki detail yang lebih rinci.
    Waspada, Bahaya Aplikasi Malware Berkedok file .Pdf Baru 2024
    Waspada, Bahaya Aplikasi Malware Berkedok file .Pdf Baru 2024

Di tenggarai oleh pihak bca.co.id agar tetap waspada, namun menurut penulis memang di era sekarang memang setiap masyarakat diharuskan tetap waspada baik itu untuk berseluncur di internet, mengunjungi website dan lain sebagainya. Sangat begitu banyak menurut penulis celah di dunia internet khususnya (yang sangat luas). Contoh kasus saat kita mengetikan kata kunci di google dan menemui website dan mengkliknya saja kita sudah membagikan beberapa data informasi kita kepada pemilik website itu juga sudah termasuk h4ck. Oleh karena itu di setiap website wajib memiliki ketentuan term of service atau privacy policy bahwa mereka menyimpan data informasi pribadi dan tidak menyebarluaskan hal tersebut.

Lalu hal apa yang harus di takutkan dan di waspadai, jika benar kejadian hal semacam ini terjadi di masyarakat luas. Dan apa tips trik menghindari .apk dan .Pdf tersebut ?

Tips dan Trik untuk menghindari kejadian aneh baik itu .apk ataupun .Pdf di smartphone / PC anda memang sudah banyak bertebaran di internet loh, berikut juga saya bagikan informasi tips trik yang wajib anda coba

  1. Jika anda mendapatkan file .apk dan .pdf ?
    Tanamkan di diri kamu, bahwa apk ini tidak penting sekalipun itu penghasil uang. Nyatanya semua kesilapan terjadi karena rasa ingin tahu yang besar namun itu tidak terlalu penting untuk kehidupan kamu.
  2. Jika anda wajib mengharuskan menginstall .apk dan .Pdf tersebut ?
    Ini adalah hal yang paling mengejutkan nantinya, jika anda wajib menginstal aplikasi tersebut baik itu dikarenakan untuk ketentuan kerja di perusahan atau sekedar iseng ingin tahu. Cobalah menggunakan smarttphone/pc yang tidak terlalu banyak informasi penting di dalamnya seperti password, perbankan dan sebagainya. Lalu aktifkan statistik informasi speed internet di pojok atas smartphone kamu untuk mengetahui port terbuka yang di sadap di handphone kamu. Jika speed internet berjalan, akan tetapi kamu tidak membuka aplikasi apapun dan tidak menggunakan jaringan internet. Namun internet terus berjalan sudah fix itu aplikasi ada yang aneh dan wajib kamu uninstall langsung. Di sisi yang lain port yang terbuka di handphone tidak akan tertutup begitu saja loh.
  3. Jika anda sudah terlancur menginstal aplikasi tersebut ?
    Segera lakukan pembaharuan firmware atau os ataupun kernel kamu, cara ini bisa mengembalikan port yang sudah terbuka di tambal kembali oleh patch system yang sudah di update tadi.
  4. Jika anda mendapatkan file .apk dan .Pdf yang mencurigai ?
    Segera laporkan pesan atau profile pengirim tersebut supaya pihak berwajib mengetahui dan membaca setiap laporan pengguna lalu menyusun strategi untuk menghindari hal tersebut dan memberikan pelajaran kepada setiap pengguna yang terhubung.
  5. Jika anda mencurigai dan ketakutan untuk mendapati hal tersebut ?
    Tidak perlu khawatir, dan terus meningkatkan literasi digital kamu ya bahkan setiap orang bisa mengalami hal serupa jika kita tidak menjadi salah satu pelopornya tidak ada yang dapat kita pelajari kedepannya. Dari itu tips dan trik nya agar kamu tetap berani adalah selalu update aplikasi pembuka reader aplikasi .pdf kamu misalkan kamu selalu mengupdate adobe reader kamu, atau foxit reader dan sebagainya. Dan kamu juga mengupdate system operasi smartphone kamu. Hal tersebut membuktikan kamu tidak perlu khawatir untuk membuka file berekstensi .pdf ya.
  6. Jika mendapati hal tersebut dan tidak mengerti membedakan keduanya ?
    Cukup mudah saya, jika kamu mendapati sebuah file .pdf dan kamu buka itu seharusnya di buka oleh aplikasi pembaca .pdf
    Selanjutnya jika kamu membuka file .apk dan itu seharusnya dilanjutkan dengan pemasangan aplikasi
    Kepercayaan diri tergantung kamu, jika kamu mendapati file .pdf lalu dilanjutkan dengan menginstal aplikasi, tutup saja atau buang proses tersebut dan delete .pdf tersebut. Karena kamu disuruh di jalan yang salah dan tidak sesuai.

Baik, sekian informasi dan tips trik agar calon korban tidak mudah dimanipulasi dan korban juga tidak dikelabui oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sebagai informasi paling penting adalah hal-hal apa saja pun bisa menciderai pengguna di internet, mungkin salah satu diantaranya adalah judul diatas Waspada, Bahaya Aplikasi Malware Berkedok file .Pdf Baru 2024. Namun dari itu tetap berhati-hati dan tingkatkan informasi yang lebih banyak. Walaupun admin belum mendapati langsung di praktik atau mendapati pesan yang serupa, adakala lebih baik mencegah daripada mengobati. Salam!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prosesor Quad Core vs Octa Core: Apa Perbedaan Nyata?

Halo Sobat IT! Prosesor Quad Core vs Octa Core: Apa Perbedaan Nyata?Prosesor Quad Core dan Octa Core merupakan dua jenis prosesor yang serin...